Sarjana (S1)

Pada program Sarjana (S1), mahasiswa wajib menyelesaikan 144 SKS (Satuan Kredit Semester) yang dapat ditempuh dalam 8 semester (4 tahun). Akan tetapi, mahasiswa dimungkinkan dapat lulus lebih cepat dengan mengikuti mata kuliah melebihi beban standar yang ada sesuai dengan kapasitas masing-masing mahasiswa pada tiap semester.

Pada semester ke-6, mahasiswa dapat mengikuti mata kuliah pilihan sesuai dengan bidang minat yang diinginkan. Mata kuliah pilihan dapat berasal dari satu kelompok bidang minat saja untuk lebih memperdalam pengetahuan mahasiswa dalam bidang tertentu, atau dapat berasal dari kelompok bidang minat yang berbeda untuk memperluas wawasan yang diperoleh.

Kurikulum untuk program pendidikan S1 yang sekarang digunakan di Jurusan Teknik informatika merupakan kurikulum baru yang telah diberlakukan mulai tahun akedemik 2014/2015 hingga tahun akademik 2018/2019. Dalam kurikulum ini, total Satuan Kredit Semester (SKS) normal yang harus ditempuh oleh mahasiswa adalah 144 SKS. Beban perkuliahan sebesar 144 SKS ini dapat diselesaikan selama delapan semester. Total 144 SKS tersebut dikelompokkan menjadi 2 kelompok mata kuliah, yaitu:

Mata Kuliah Wajib : 120 SKS (83%)
Mata Kuliah Bidang Keahlian : 24 SKS (17%)

Program Studi Sarjana Teknik Informatika (PSTI) telah merancang susunan mata kuliah per semester. PSTI menawarkan delapan bidang keahlian, yang terhimpun dalam Rumpun Mata Kuliah (RMK) yaitu Komputasi Cerdas dan Visi (KCV), Komputasi Berbasis Jaringan (KBJ), Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Dasar dan Terapan Komputasi (DTK), Arsitektur dan Jaringan Komputer (AJK), Algoritma dan Pemrograman (AP), Interaksi, Grafika dan Seni (IGS), dan Manajemen Informasi (MI). Mahasiswa diberi kebebasan untuk memilih mata kuliah pilihan yang berasal dari RMK – RMK tersebut. Jumlah mata kuliah pilihan minimal yang diambil adalah 8 mata kuliah dan paling tidak ada 2 mata kuliah pilihan yang diambil menunjang Tugas Akhir. Pemilihan Bidang Keahlian ini dilakukan pada semester 6.

Adapun ciri-ciri utama dari kedelapan bidang keahlian tersebut dapat dijabarkan seperti berikut:

  •  Komputasi Cerdas dan Visualisasi (KCV)

Mata kuliah yang ditawarkan dalam bidang minat ini terutama ditekankan pada kemampuan lulusan dalam memanipulasi dan menganalisis data citra pada berbagai bidang aplikasi (a.l. biomedika, industri), kemampuan menerapkan  metode sistem cerdas pada berbagai bidang aplikasi dan kemampuan memodelkan  dan mengoptimasikan sistem nyata. Mata kuliah bidang keahlian KCV, antara lain: Pengolahan Citra Digital, Analisis Data Multivariat, Data Mining, Komputasi Biomedik, Visi Komputer, Sistem Temu Kembali Informasi, Robotika, Analisis Media Sosial dan Topik Khusus KCV

  •  Komputasi Berbasis Jaringan (KBJ).

Mata kuliah yang ditawarkan dalam bidang keahlian ini ditekankan pada Kemampuan lulusan dalam membangun   infrastruktur jaringan yang aman, kemampuan membangun   sistem grid,  Kemampuan membangun   aplikasi jaringan sesuai Standard dan Kemampuan membangun aplikasi multimedia berbasis jaringan.  Mata kuliah bidang keahlian KBJ, antara lain: Komputasi Bergerak, Sistem Terdistribusi, Jaringan Multimedia, Komputasi Grid dan Paralel, Kompresi Data, Topik Khusus Komputasi berbasis Jaringan, Komputasi Awan, Forensik Digital, Komputasi Pervasif dan Jaringan Sensor

  • Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)

Mata kuliah yang ditawarkan dalam bidang minat ini ditekankan pada Kemampuan lulusan dalam melakukan pengujian perangkat lunak, Kemampuan mengelola   proyek perangkat lunak,  Kemampuan mengurangi resiko kesalahan perangkat lunak, dan  Kemampuan membuat  perangkat lunak game. Mata kuliah bidang keahlian RPL, antara lain: Penjaminan Mutu Perangkat Lunak, Arsitektur Perangkat Lunak, Evolusi Perangkat Lunak, Konstruksi Perangkat Lunak, Penyempurnaan Proses Perangkat Lunak, Ekonomi Rekayasa Perangkat Lunak, Topik Khusus RPL.

  •  Interaksi Grafika dan Seni (IGS)

Mata kuliah yang ditawarkan dalam bidang minat ini terutama ditekankan pada kemampuan lulusan dalam mendesain, mengembangkan dan mendokumentasikan proses pembuatan game sesuai dengan standar. Serta membuat model 3 dimensi dan pemograman di dalam realitas virtual serta aplikasi realitas virtual 3 dimensi dengan menggunakan game engine. Mata kuliah bidang keahlian IGS antara lain: Teknik Pengembangan Game, Sistem Game, Animasi Komputer dan Pemodelan 3D, Realitas Virtual dan Augmentasi dan Topik Khusus IGS.

  • Arsitektur dan Jaringan Komputer (AJK)

Mata kuliah yang ditawarkan dalam bidang keahlian ini ditekankan pada Kemampuan lulusan dalam membangun berbagai macam arsitektur jaringan sesuai standar teknologi terkini dan menerapkan keamanan jaringan. Mata kuliah bidang keahlian AJK, antara lain: Jaringan Nirkabel, Teknologi Antar Jaringan, Perancangan Keamanan Sistem Dan Jaringan, Topik Khusus Arsitektur Dan Jaringan Komputer.

  • Algoritma dan Pemrograman (AP)

Mata kuliah yang ditawarkan dalam bidang minat ini ditekankan pada Kemampuan lulusan dalam mengembangkan sistem/aplikasi yang berbasis kerangka kerja dan mengembangkan sistem/aplikasi pada perangkat bergerak. Mata kuliah bidang keahlian AP, antara lain: Pemrograman Berbasis Kerangka Kerja, Pemorgraman Perangkat Bergerak, Topik Khusus Algroritma dan Pemrograman.

  • Dasar dan Terapan Komputasi (DTK)

Kompetensi penciri khusus dari  DTK adalah kemampuan mengembangkan memodelkan, dan melakukan optimasi sistem. Mata kuliah pilihan yang ditawarkan antara lain: Pemodelan dan Simulasi Pemrograman Linier Topik Khusus Dasar & Terapan Komputasi.

  • Manajemen Informasi (MI)

Mata kuliah yang ditawarkan dalam bidang minat ini ditekankan pada Kemampuan lulusan dalam menganalisis, mensintesa dan mengevaluasi proses bisnis dan sistem informasi pada sistem Enterprise, mengimplementasikan rekayasa pengetahuan ke dalam suatu aplikasi, melakukan investigasi, pengujian, evaluasi kematangan dan kepatutan terhadap prosedur standard dan tata kelola teknologi informasi, melakukan tata kelola proyek dan sumber daya manusia dan merancang dan mengimplementasikan solusi basis data terdistribusi dan teknologi Big Data. Mata kuliah bidang keahlian MI, antara lain: Sistem Enterprise, Rekayasa Pengetahuan, Sistem Informasi Geografis, Audit Sistem, Tata Kelola Teknologi Informasi, Basis Data Terdistribusi, Big Data, Topik Khusus Manajemen Informasi.

Dalam kurikulum 2014-2019 ini, tidak ada pemisahan antara mata kuliah dan praktikum.  Kegiatan perkuliahan dan kegiatan praktikum dilakukan dalam satu mata kuliah dengan bobot 3 – 4 sks. Kegiatan dapat berlangsung di kelas maupun di laboratorium. Kegiatan perkuliahan dilaksanakan untuk membekali mahasiwa dengan pemahaman konsep pengetahuan/teknologi. Kegiatan praktikum digunakan untuk membekali mahasiswa dengan ketrampilan praktis.

Pengalaman praktis lainnya yang wajib diikuti oleh mahasiswa adalah Kerja Praktek di industri selama satu s.d. tiga bulan dengan beban 2 sks.Kegiatan ini untuk memperluas wawasanmahasiswa tentangpenerapan teori yang diperoleh dari perkuliahan. Pada tahap akhir, mahasiswa menempuh Tugas Akhir dengan bobot 5 sks. Tugas Akhir  ditujukan untuk memberikan kemampuan bagi mahasiswa untuk menyelesaikan topik permasalahan tertentu sesuai bidang keahlian dan menyusun laporan ilmiah. Tugas akhir ini bersifat komprehensif, ditulis sesuai dengan kaidah ilmiah dan harus dipertanggungjawabkan pada ujian tugas akhir yang bersifat tertutup di hadapan tim penguji

Kompetensi Lulusan Program Sarjana (S1):

  • Kompetensi Utama:
    •  Kemampuan Kerja
      1. Mampu mengidentifikasi, menganalisis dan menyelesaikan masalah secara sistematis dan terorganisasi dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi
      2. Mampu mengaplikasikan ilmu di bidang teknologi informasi dan komunikasi untuk mendorong penciptaan lapangan kerja.
    • Penguasaan Pengetahuan
      1. Menguasai pengetahuan bidang informatika yang meliputi konsep, teori dasar dan penerapan bidang keilmuan informatika. teori dan penerapan bidang keahlian Komputasi Cerdas dan Visi, teori dan penerapan bidang keahlian Rekayasa Perangkat Lunak, teori dan penerapan bidang keahlian Komputasi Berbasis Jaringan, teori dan penerapan bidang keahlian Arsitektur dan Jaringan Komputer, teori dan penerapan bidang keahlian Manajemen Informasi, teori dan penerapan bidang keahlian Interaksi Grafis dan Seni, teori dan penerapan bidang keahlian Dasar dan Terapan Komputer, teori dan penerapan bidang keahlian Algoritma Pemrograman.
      2. Mampu menyelesaikan masalah komputasi, jaringan dan rekayasa perangkat lunak.
  • Kompetensi Pendukung:
    • Mampu menganalisis, merencanakan, mengelola, mengevaluasi, dan mengkomunikasikan sumber daya informasi.
    • Mampu memberikan alternatif solusi berbekal sikap kepemimpinan, kreatifitas dan kemampuan komunikasi
    • Bertanggungjawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi
  •  Kompetensi Lainnya:
    • Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
    • Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya
    • Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air serta mendukung perdamaian dunia
    • Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya
    • Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan orisinal orang lain
    • Menjunjung tinggi penegakan hukum serta memiliki semangat untuk  mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas.
    • Memiliki kemampuan literasi yang memadai