emre

Belajar Bersama di HMTC Medfo After Class 2.0

CtHIPQyVMAARgVt

Tak bisa dipungkiri, infomasi merupakan bagian penting dalam keseharian setiap insan di dunia. Era globalisasi pun ikut mendukung dengan kemajuan pesat dari teknologi yang sangat bermanfaat penyebaran informasi. Jika dulu, berita dari berbagai tempat di belahan dunia diperoleh lewat media cetak ataupun elektronik, kini dengan cepat dapat diperoleh lewat media online. Berbagai situs berita dengan cepat muncul dan menjadi media penyebaran yang cenderung lebih banyak dipergunakan dewasa ini. Sebuah berita juga akan dengan diakses lewat sosial media yang sedang marak digunakan oleh mereka para pengguna smartphone.

Menghadapi era yang begitu canggih itu, himpunan mahasiswa teknik computer-informatika ITS atau akrab disebut HMTC tidak mau kalah dengan menyelenggarakan sebuah pelatihan bagi anggotanya, yaitu Medfo After Class (MAC). MAC adalah serangkaian kegiatan yang disusun dengan mantap oleh departemen Media Informasi (Medfo) yang memberikan pelatihan atau tutorial bagi lima perwakilan dari masing-masing departemen di HMTC agar mampu menggunakan beberapa tools dalam pembuatan video dan poster. Kegiatan ini juga memberikan sejumlah referensi dalam penulisan artikel yang bermanfaat merekam sejumlah kegiatan yang diadakan oleh masing-masing departemen itu sendiri. Materi dalam kegaiatan ini dibawakan secara khusus oleh staf ahli departemen Medfo selaku penyelenggara.

MAC dibuka dengan materi penggunaan aplikasi seputar pengeditan video Adobe Premiere yang dibawakan Shafly dan Bimo. Peserta MAC tampak antusias dengan materi yang disampaikan dan dengan baik mengikuti tutorial yang diajarkan. Sesi materi kedua dibawakan oleh Rara dan Nafia tentang aturan penulisan artikel. Sesi materi ketiga tentang desain poster menggunakan aplikasi Corel Draw disampaikan dengan jelas oleh Raisha dan Dwika sebagai materi terakhir dalam kegiatan ini. Setelah sesi materi selesai, diadakan praktik langsung oleh peserta MAC dengan membuat sebuah artikel tentang kegiatan MAC dan poster dengan tema yang telah ditentukan untuk masing-masing kelompok yang teridiri dua orang peserta. Acara ini berlangsung dengan antusias peserta yang dengan serius mengerjakan poster dan artikel. (yol/lia)