Kuliah Tamu dari National University of Singapore (NUS)

Kamis, 15 Maret 2012 Jurusan Teknik Informatika mengadakan kuliah tamu dengan pembicara Prof.Stéphane Bressan (http://www.comp.nus.edu.sg/~steph/) yang merupakan Associate Professor of the Computer Science Department of the School of Computing (SoC), National University of Singapore (NUS). Prof.Bressan menyampaikan beberapa topik terkait dengan penelitian dan kesempatan belajar di Singapura serta informasi mengenai salah satu proyek tentang kontrol akses terhadap layanan berbasis lokasi dengan studi kasus identifikasi jalur pelayaran kapal (Access Control in Location Based Services: the case of ASSIST, Access Controlled Ship Identification Streams).

Dalam kuliah tersebut Prof.Bressan sebagian besar menyampaikan informasi tentang program fast track PhD (by Research). Program fast track PhD merupakan program yang menggabungkan masa studi Master dan langsung dilanjutkan ke PhD. Setelah lulus Sarjana, mahasiswa dapat mengikuti program ini selama minimal 4 tahun (Master dan PhD). Selama masa studi mahasiswa harus menyelesaikan 9 modul dan 5 topik QE (Qualification Exam). Instruksi lengkap untuk prosedur pendaftaran dan dokumen-dokumen yang dibutuhkan dapat diakses secara online (http://www.comp.nus.edu.sg/graduates/admission.html).

Selain itu, Prof.Bressan juga menjelaskan materi Location Based Service (LBS) khususnya tentang kontrol akses terhadap layanan berbasis lokasi dengan studi kasus identifikasi jalur pelayaran kapal (Access Control in Location Based Services: the case of ASSIST, Access Controlled Ship Identification Streams). Kontrol akses yang dimaksud adalah batasan-batasan yang didefinisikan untuk sejumlah grup pengguna dalam mengakses layanan identifikasi jalur pelayaran kapal. Sehingga informasi yang berputar dalam layanan dapat lebih aman karena adanya batasan terhadap hak akses pengguna.

Kedatangan Prof.Bressan tidak hanya sebagai pembicara dalam kuliah tamu saja namun juga untuk menjalin kerjasama kedepannya dengan pihak Jurusan Teknik Informatika baik kesempatan kerjasama dalam penelitian maupun sebagai dosen eksternal untuk perkuliahan yang dilakukan melalui teleconference. Memang untuk saat ini bentuk kerjasama yang akan dilakukan belum secara konkret terbahas namun untuk kunjungan berikutnya diharapkan Jurusan Teknik Informatika sudah mempersiapkan sejumlah bentuk kerjasama dengan SoC, NUS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *