Cerita dibalik BMS

bms

Basic Media Schooling atau disingkat sebagai BMS merupakan suatu pelatihan yang diadakan oleh HMTC ITS pada tanggal 2-3 April 2016. Adapun pelatihan tersebut ditujukan kepada mahasiswa-mahasiswi baru 2015 yang bertujuan untuk melatih dan mencerdaskan para peserta BMS dalam bidang jurnalistik. Pada tahun ini merupakan pelatihan jurnalistik dengan jumlah peserta terbanyak dari tahun sebelumnya yaitu sebanyak 58 orang peserta. Dengan mengangkat tema “Berfantasi dalam aksi” diharapkan untuk para peserta nantinya setelah mengikuti pelatihan akan memiliki kemajuan mengasah dirinya dalam bidang jurnalistik dari pada sebelumnya.

Acara pelatihan BMS ini secara resmi dibuka  oleh Bapak Dwi Sunaryono selaku sekretaris jurusan Teknik Informatika ITS, pembukaan acara ini sangat menarik oleh pak Dwi dikarenakan beliau sangat antusias dalam memotivasi para peserta dan beliau sangat mengharapkan dengan adanya pelatihan ini bisa menghasilkan jurnalis-jurnalis hebat nantinya. Disamping itu juga dihadiri oleh mas Dzikrul Ihsan selaku ketua HMTC untuk memberikan kata-kata sambutannya yang sangat memotivasi untuk peserta pelatihan agar peserta tetap semangat mengikuti pelatihan selama 2 hari kedepan. Selanjutnya adalah masuk kedalam materi pertama yang disampaikan oleh mahasiswi material metalurgi angkatan 2013 juga aktif di ITS Online  yaitu Ilmi Mayuni bumi tentang wawasan pers, mbak Ilmi mengutarakan dan memberikan materi seputar pers baik pada etika pers yang baik maupun fungsi pers mahasiswa. Materi kedua yakni mengenai Dasar desain yang dibawakan oleh pemateri yang bernama Fakhri Azmi, beliau juga aktif di BEM ITS yaitu sebagai Dirjen Kominfo. Materi kedua sangat menarik dikarenakan peserta langsung mencoba belajar dasar desain tidak hanya dengan materi akan tetapi juga dengan praktik. Setelah ISHOMA berlangsung maka dilanjutkan oleh materi ketiga yang disampaikan oleh mas’ud, beliau merupakan mahasiswa mesin ITS yang menyampaikan materi tentang Dasar fotografi dan videografi, setelah materi ketiga berlangsung maka berlangsunglah acara BMS pada hari pertama yakni pada pukul 21.00 WIB.

Pada hari kedua pelatihan BMS peserta  diberikan 2 materi yang mana materi pertama disampaikan oleh Firman Faqli Nosa mengenai wawasan jurnalistik dengan tujuan untuk menambahkan wawasan mengenai jurnalistik kepada peserta BMS dan dilanjutkan oleh materi kedua dan juga materi terakhir pada pelatihan ini yang disampaikan oleh Bapak Arief Santosa, beliau bekerja di Jawa Pos sebagai managing editor¸dan materi yang disampaikan mengenai Teknik Penulisan Berita, Wawancara, dan Reportase. Setelah semua materi berakhir peserta melakukan simulasi total yang telah dibagikan per kelompok, dan setelah simulasi total berakhir dilanjutkan dengan presentasi hasil simulasi totalnya, dan tibalah diujung acara yaitu pembacaan pemenang peserta dengan nametag terbaik, essay terbaik, cv terbaik, artikel terbaik, poster terbaik dan juga peserta terbaik.

Setalah semuanya selesai tibalah penutupan dengan dibacakannya KPP dan foto bersama. Setelah pelatihan ini, para peserta diharapkan dapat berkontribusi dalam dunia jurnalistik di lingkungan Teknik Informatika maupun di ITS.