KULIAH TAMU : From Perceptron to Deep Learning

 

Pada tanggal 28 Februari 2018, diadakan kuliah tamu di aula departement Informatika dengan tema “From Perceptron to Deep Learning” oleh pembicara tamu Adi Chris Bangun yang merupakan machine learning engineer di Traveloka. Acara dibuka oleh Pak Darlis selaku ketua departemen  Informatika pada pukul  10.15. Adi Chris Bangun sendiri merupakan alumni Teknik Informatika ITS angkatan 2010.

Machine Learning menurut pembicara tamu adalah belajar dari data. Esensial dari  machine learning sendiri ada 3 hal yaitu kita harus mempunyai datanya, harus ada polanya, dan belum ada persamaan matematika yang bisa secara langsung menyelesaikan permasalahan. Apabila minimal 2 dari 3 ha lini terpenuhi maka suatu permasalahan dapat diselesaikan menggunakan machine learning. Ada 2 tipe problem yang ditemui di machine learning, yaitu linear problems dan non linear problems.

Sedangkan deep learning menurut pembicara tamu adalah multilayer perceptron dengan layer yang lebih dalam. Salah satu omponen dari deep learning adalah perceptron. Perceptron adalah bentuk paling sederhana dari neural network .Komponen lain dari deep learning adalah fungsi aktivasi, salah satu contohnya adalah sigmoid dan relu. Fungsi aktivasi digunakan untuk memetakan non linear problem menjadi linear problem. Deep Learning sering dipakai sekarang karena lebih ekspresif dan d apat mengekstrak fitur-fitur yang lebih robust. Kedua, data yang ada sudah banyak dan kekuatan komputasi yang ada sekarang ini sudah kuat, sehingga lebih cepat daripada metode tradisional.