Gedung dan Ruang Baca

GEDUNG

Untuk meningkatkan kenyamanan, mulai tahun 2008 Jurusan Teknik Informatika menempati gedung baru yang berjarak sekitar 500 meter ke arah timur dari gedung lama (berlokasi di dekat Grha Sepuluh Nopember ITS). Terdapat 13 ruang kelas yang semuanya dilengkapi dengan AC, LCD projector, dan wireless network.

RUANG BACA

Perpustakaan atau ruang baca Teknik Informatika menyediakan berbagai koleksi akademik, seperti buku, majalah, jurnal akademik, laporan kerja praktik, laporan tugas akhir dan tesis.

Keanggotaan Ruang Baca

Terdapat dua macam keanggotaan ruang baca yaitu dosen/mahasiswa Teknik Informatika dan Dosen/mahasiswa selain Teknik Informatika (mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi).

Dosen/mahasiswa Teknik Informatika
Syarat keanggotaan:
1. Menunjukkan Kartu Tanda Mahasiswa yang berlaku
2. Mengisi formulir pendaftaran

Biaya pendaftaran:
Program S1: Rp 5.000,00 untuk keanggotaan selama satu tahun
Program S2/S3: Rp 10.000,00 untuk keanggotaan selama satu tahun

Dosen/mahasiswa selain Teknik Informatika (mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi)
Syarat keanggotaan:
1. Menunjukkan Kartu Tanda Mahasiswa/identitas lain yang berlaku
2. Mengisi formulir pendaftaran

Biaya pendaftaran:
Rp. 10.000 untuk keanggotaan selama satu tahun

Jenis Layanan Ruang Baca

Layanan Sirkulasi
Layanan peminjaman, pengembalian, perpanjangan, dan pemesanan koleksi buku di ruang baca bagi mahasiswa Jurusan Teknik Informatika, Program Studi Sistem Informasi, dan Program Pascasarjana (S2 dan S3) Teknik Informatika dengan lama peminjaman 3 hari kerja.

Layanan Koleksi Tugas Akhir dan Tesis
Tersedia tugas akhir mahasiswa S1 Jurusan Teknik Informatika serta tesis mahasiswa pascasarjana Teknik Informatika ITS. Untuk Koleksi jenis ini tidak diperkenankan difotokopi (hanya untuk dibaca di tempat)

Layanan Fotokopi
Menyediakan layanan fotokopi melalui petugas Ruang Baca untuk buku-buku umum, majalah, jurnal laporan kerja Praktek.

Catatan:
Bagi pengguna selain civitas akademik Fakultas Teknologi Informasi ITS (Jurusan Teknik Informatika), pelayanan ruang baca hanya berupa layanan baca ditempat dan fotokopi buku, jurnal, atau majalah melalui petugas.

Jam Layanan Ruang Baca

Senin s/d Kamis
Pagi = 08.00 s/d 14.00
Sore = 15.00 s/d 20.00

Jumat
Pagi = 08.00 s/d 11.30
Siang = 13.00 s/d 14.00

Tata Tertib Peminjaman

  1. Anggota Luar Biasa, Koleksi hanya bisa dibaca ditempat atau difotokopi melalui petugas ruang baca (untuk Koleksi Tugas Akhir dan Tesis tidak bisa di fotokopi)
  2. Anggota biasa: batas maksimal peminjaman 2 eksemplar dengan jangka waktu peminjaman 3 hari dan dapat diperpanjang 2 kali dengan jangka waktu yang sama.
  3. Koleksi yang dipinjam tidak dapat diperpanjang apabila koleksi tersebut dibutuhkan atau akan dipinjam oleh pengguna lain
  4. Perpanjanngan koleksi bisa dilakukan via telepon (031) 5939214 ext. 31 dengan konsekuensi koleksi harus dikembalikan keesokan harinya apabila koleksi yang dipinjam dibutuhkan oleh pengguna lain
  5. Keterlambatan pengembalian akan dikenakan denda sebesar Rp 1.000,00 -per eksemplar per hari untuk semua jenis koleksi
  6. Bagi pengguna yang telah mendapatkan 3 kali peringatan (lisan/tertulis) akibat keterlambatan pengembalian akan dikenakan sanksi akademis
  7. Koleksi buku TA dan Tesis hanya bisa dipinjam oleh mahasiswa yang mengambil matakuliah tugas akhir/tesis dengan persetujuan dari dosen pembimbing
  8. Jangka waktu peminjaman TA/Tesis adalah 1 hari dan tidak dapat diperpanjang lagi.

Lain-lain

  1. Pada saat memasuki ruang baca, setiap pengguna harus menunjukkan kartu identitas atau kartu anggota
  2. Buku yang selesai dibaca cukup di letakkan dimeja, petugas yang akan mengembalikan
  3. Pengguna dilarang merokok di dalam ruangan
  4. Pengguna tidak diperkenankan memakai sandal atau kaos oblong
  5. Pengguna dilarang membawa minuman dan makanan ke dalam ruang baca
  6. Pengguna yang membawa tas, jaket, map, sweater dan sejenisnya harap menitipkan barangnya ditempat penitipan yang telah disediakan
  7. Bagi pengguna yang ingin membawa buku teks milik sendiri harap dicatatkan / diberitahukan oleh petugas ruang baca
  8. Bila Koleksi yang dipinjam rusak/hilang maka peminjam wajib mengganti sesuai aslinya atau membayar biaya pengganti fotokopi koleksi yang hilang.