icon

HMTC Selenggarakan PJTD Pertama

hmtc-its Fri Mar 07 2014


Dalam rangka mengenalkan dunia jurnalistik, khususnya jurnalistik di lingkungan kampus kepada mahasiswa baru Teknik Informatika ITS, Departemen Media Informasi HMTC menyelenggarakan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) pada tanggal 15 -  16 Februari 2014 kemarin. Kegiatan yang dikhususkan bagi mahasiswa angkatan tahun 2013 itu bertempat di ruang IF-105A gedung Teknik Informatika ITS.

Pada pelaksanaan PJTD pertama kali ini mengusung tema Jurnalistik Berkarakter. Awalnya para peserta diharuskan membuat tulisan tentang karakter tokoh teladan yang dikaitkan dengan jurnalistik sebagai persyaratan pendaftaran sebelum mengikuti pelatihan. Selama dua hari pelatihan diadakan, peserta mendapatkan total empat materi yaitu wawasan jurnalistik, teknik penulisan, pengelolaan informasi dan pengenalan fotografi, kemudian ditutup dengan simulasi total dimana seluruh peserta yang telah terbagi dalam beberapa kelompok dituntut untuk mewawancarai narasumber berkaitan dengan sebuah tema tertentu, proses mendapatkan informasinya kemudian dipresentasikan dan hasil wawancara disusun menjadi artikel.

Nida, salah satu peserta memberikan tanggapannya untuk acara PJTD, “Awalnya agak membosankan, tapi semakin lama semakin menarik dan simulasi totalnya seru”, tuturnya.

Sementara itu, Adhe selaku ketua panitia mengungkapkan bahwa secara keseluruhan, penyelenggaraan PJTD pertama HMTC berjalan dengan lancar dan kondusif. Besar harapan bahwa para peserta alumni PJTD I dapat mengimplementasikan ilmu yang telah didapatkan dan kemudian mengembangkannya lagi melalui Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut (PJTL). (nme/mif)