Pelatihan Aplikasi Penunjuk Pasar “WageMap” dengan perangkat ponsel berbasis Android

Sabtu, 9 November 2013 telah diadakan pelatihan Aplikasi Penunjuk Pasar “WageMap” dengan perangkat ponsel berbasis Android mulai pukul 11.00 – 12.30. Pelatihan ini merupakan salah satu perwujudan pengabdian masyarakat IBM (IPTEKS Bagi Masyarakat) dengan mitra Pasar Wage, Nganjuk.

 

Aplikasi WageMap merupakan salah satu jenis aplikasi ShopMap yaitu aplikasi peta pasar pada sistem operasi android. Aplikasi WageMap berfungsi sebagai sarana informasi Pasar Wage yang berada di Nganjuk, Jawa Timur. Aplikasi WageMap berperan sebagai peta panduan pada pasar wage dengan beberapa fitur tertentu untuk memudahkan masyarakat. Fitur – fitur yang disediakan WageMap antara lain:

  • Peta Pasar/Mall, peta pasar Wage merupakan tampilan utama aplikasi;
  • Area Peta, tampilan area peta dapat dipindah – pindah dengan menggeser dengan jari pada layar handphone;
  • Zoom, peta dapat diperbesar dan diperkecil dengan dua jari dan menjauhkan (perbesar) atau mendekatkan (perkecil) kedua jari.
  • Informasi Toko, informasi masing – masing toko yang terdapat pada pasar/mall. Informasi masing-masing toko dapat dilihat dengan menyentuh area atau daerah dari toko tersebut. Informasi berisi kode toko, blok, penjual, barang yang dijualnya serta keterangan tambahan;
  • Pencarian Toko, mencari toko dengan kata kunci tertentu. Pengguna dapat menyentuh tombol merah (pencarian) dan memasukkan kata kunci. Aplikasi WageMap akan menampilkan toko-toko yang berhubungan dengan kata kunci tersebut. Kata kunci bisa berupa nama toko atau barang yang dijualnya . Pencarian dapat dilakukan pengguna sesuai pada gambar berikut:
  • Panduan Arah, membantu pengguna dalam perjalanan dari satu toko ke toko lainnya. Pengguna dapat memunculkan fitur ini dengan menekan tombol menu pada handphone.  Pengguna memasukkan dua titik tempat yang dibantu dengan fitur pencarian (Tombol “Cari”). Titik pertama merupakan toko yang menjadi awal perjalanan dan titik kedua merupakan tujuannya. Pencarian arah dapat dilakukan saat dua titik terisi dengan menyentuh tombol “Cari Arah”.