Posko Kesehatan 2016

Suasana di Plaza Baru gedung Teknik Informatika ITS pada siang hari selasa lalu sangat ramai. Kala itu berlangsung Posko Kesehatan yang diadakan oleh HMTC. Posko Kesehatan tersebut meliputi cek mata dan cek darah. Selain itu, datang juga tim palang merah dari rumah sakit DR. Soetomo untuk melayani donor darah. Acara berlangsung pada pukul 12.30 menit. Terlambat setengah jam dari rundown aslinya, sehingga beberapa peserta harus menunggu panitia bersiap-siap.

Cek mata bekerja sama dengan Optik Nusa. Sebuah mesin pemindai mata disediakan langsung dari optik. Dengan mesin tersebut, peserta dapat mengetahui kesehatan matanya. Selain itu, tersedia juga Snellen Chart. Snellen Chart adalah salah satu tes mata untuk rabun jauh di mana peserta ditutup sebelah matanya kemudian menyebutkan satu-persatu huruf di poster yang berada kurang lebih 6 meter di depannya. Hasil menyatakan bahwa rata-rata peserta dari teknik Informatika memiliki mata yang sehat.

Cek darah meliputi cek gula darah dan asam-urat. Pengujinya merupakan mahasiswa ITS sendiri yang tergabung dalam UKM Korps Suka Rela. Dengan seragam mereka yang putih khas PMI, mereka dengan lihai menggunakan alat-alat tes darah. Darah peserta diambil dari jari dan kemudian diteteskan ke dua buah strip-test. Setelah itu strip tersebut dimasukkan ke dalam sebuah alat penguji untuk mengetahui tingkat gula dan asam urat dalam darah. Selain itu adapula tes tekanan darah.

Tim Donor darah tiba di tempat pukul 13.30. Beranggotakan 10 orang, mereka mempersiapkan peralatan-peralatan yang mereka datangkan langsung dari rumah sakit DR. Soetomo. Tim Donor darah menyiapkan 10 tempat tidur dan 1 pos untuk cek hemoglobin. Peserta diarahkan untuk mengisi formulir terlebih dahulu sebelum melakukan donor  darah. Formulir tersebut berfungsi sebagai parameter apakah peserta diperbolehkan untuk melakukan donor atau tidak. Setelah dicek tekanan darah dan hemoglobinnya, peserta dibaringkan di tempat tidur kemudian diambil darahnya.