Profil

Jurusan Teknik Informatika yang awalnya tergabung dalam Fakultas Teknologi Industri (FTI). Mulai tahun 2002 menjadi bagian dari Fakultas Teknologi Informasi (FTIf), sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan nasional RI Nomor : 109/O/2002, tanggal 2 Juli 2002 tentang Pendirian Fakultas Teknologi Informasi Pada Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Untuk peringkat akreditasi, Jurusan Teknik Informatika Program Studi S1 dinyatakan terakreditasi dengan nilai A berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Nomor 003/BAN-PT/Ak-X/S1/V/2006, tanggal 18 Mei 2006.

Saat ini, staf pengajar jurusan teknik informatika sebanyak 48 dosen, diantaranya 6 doktor dan 23 bergelar master. Jumlah karyawan teknik informatika sebanyak 20 orang.

Selain program sarjana (S1), Jurusan Teknik Informatika juga menyelenggarakan program pascasarjana (S2) yang dirintis sejak tahun 1994 di bawah koordinasi Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknologi Industri. Kemudian sejak tahun 2001, penyelenggaraan program pascasarjana Teknik Informatika secara resmi berada dalam pengelolaan Jurusan Teknik Informatika, berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Nomor 2851/D/T/2001, perihal ijin penyelenggaraan Program-Program Studi Jenjang Strata-2 (S2) pada Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya. Saat ini, Program Studi S2 Teknik Informatika terakreditasi dengan nilai B berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Nomor 019/BAN-PT/Ak-V/S2/XII/2006 tanggal 16 Desember 2006. Di usianya yang telah lebih dari dua dasawarsa ini, Teknik Informatika mulai merintis pendirian program studi pasca sarjana (S3) mulai tahun 2011 untuk lebih menyediakan kesempatan belajar kepada masyarakat luas.

 Hingga saat ini, Jurusan Teknik Informatika merupakan jurusan yang paling favorit di ITS. Grafik berikut menunjukkan jumlah calon mahasiswa yang berminat memasuki program S1 Jurusan Informatika tahun 2004 s/d 2008 dengan daya tampung 100 mahasiswa. Secara rata-rata, dalam 5 tahun terakhir tingkat keketatan persaingan melalui SPMB/SNMPTN, adalah 3 – 5% saja yang bisa diterima di Jurusan Teknik Informatika dari jumlah peminat yang lebih dari 2000 peserta tiap tahunnya.

Kualitas akademik dari calon mahasiswa yang akan memasuki program S1 Jurusan Teknik Informatika juga sangat bagus dan termasuk dalam lima besar di ITS. Hal ini diukur berdasarkan nilai SPMB/SNMPTN yang didapat oleh calon mahasiswa. Grafik berikut memberikan perbandingan antara nilai rata-rata SPMB yang diperoleh calon mahasiswa yang diterima di Jurusan Teknik Informatika dengan nilai rata-rata SPMB yang diperoleh calon mahasiswa yang diterima di Jurusan-Jurusan lain di ITS.