TCareer: How to Build a Great SAAS Startup

Lulus kuliah dengan nilai baik dan setelah itu kerja mapan merupakan dambaan bagi setiap orang. Langsung bekerja tanpa harus repot melamar kesana sini menjadi sebuah kebanggaan sendiri bagi para lulusan sarjana. Para masyarakat kebanyakan pun berpikiran bahwa orang yang sudah lulus sarjana seharusnya bekerja di sebuah industri dengan jabatan yang tinggi. Pemikiran seperti ini sebenarnya tidak sepenuhnya salah, hanya yang seharusnya diluruskan para anak muda ini sebaiknya tidak menjadi orang yang pasif dan hanya bekerja di sebuah perusahaan tetapi harus menjadi orang aktif yang membuka lapangan pekerjaan. Apalagi anak muda yang telah mendapat gelar sarjana seharusnya mereka bisa membuat atau memulai bisnis/startup nya secepat mungkin.

Teknik informatika ITS atau yang sering disebut TC merupakan salah satu jurusan yang menghasilkan lulusan – lulusan hebat dan handal. Ini terbukti dengan terkenalnya anak-anak TC sebagai anak yang jago ngoding dan selain itu nilai akademik serta prestasi – prestasi lulusan TC yang tidak usah diragukan lagi. Lulusan sarjana TC sangat diminati oleh banyak perusahaan terkenal karena potensi hebatnya. Tapi sayangnya beberapa lulusan teknik informatika tidak mengetahui bahwa potensinya bisa menghasilkan lebih banyak uang dengan membangun startup sendiri dibandingkan dengan bekerja sebagai karyawan di perusahaan. Memang pada awalnya anak TC ini banyak yang ingin membangun startup sendiri, namu sayangnya niatan ini hanya sekedar wacana dikarenakan mereka takut kerasnya persaingan di dunia Startup.

Untuk itulah pada tanggal 29 September 2016 kemaren Himpunan Mahasiswa Teknik Computer-Informatika (HMTC) mengadakan sebuah seminar berjudul “How to Build a Great SAAS Startup”. Seminar yang diadakan di Aula Teknik Informatika ITS ini mendatangkan 2 pembicara hebat yaitu Yusuf Kurniawan selaku CEO Meeber dan Krizal E. Putra selaku Product manager Dua orang hebat ini merupakan lulusan dari Teknik Informatika ITS yang telah sukses membangun startup bernama Meeber. Pengalaman – pengalaman mereka dalam membangun startup ini dibagikan saat seminar itu. Pengalaman mulai dari awal – awal menemukan ide hingga menjadikan startup Meeber sebesar di bagikan di seminar itu. Dua orang hebat di seminar ini juga memberikan tips – tips penting yang berguna dalam mendirikan startup. Dengan banyak ilmu yang dibagikan oleh dua lulusan hebat TC ini diharapkan anak – anak TC lebih berani dan lebih sukses dalam membangun Startup nantinya.