Category Archives: Akademik

Kurikulum S1

List-MK-S1

KULIAH TAMU : From Perceptron to Deep Learning

 

Pada tanggal 28 Februari 2018, diadakan kuliah tamu di aula departement Informatika dengan tema “From Perceptron to Deep Learning” oleh pembicara tamu Adi Chris Bangun yang merupakan machine learning engineer di Traveloka. Acara dibuka oleh Pak Darlis selaku ketua departemen  Informatika pada pukul  10.15. Adi Chris Bangun sendiri merupakan alumni Teknik Informatika ITS angkatan 2010.

Machine Learning menurut pembicara tamu adalah belajar dari data. Esensial dari  machine learning sendiri ada 3 hal yaitu kita harus mempunyai datanya, harus ada polanya, dan belum ada persamaan matematika yang bisa secara langsung menyelesaikan permasalahan. Apabila minimal 2 dari 3 ha lini terpenuhi maka suatu permasalahan dapat diselesaikan menggunakan machine learning. Ada 2 tipe problem yang ditemui di machine learning, yaitu linear problems dan non linear problems.

Sedangkan deep learning menurut pembicara tamu adalah multilayer perceptron dengan layer yang lebih dalam. Salah satu omponen dari deep learning adalah perceptron. Perceptron adalah bentuk paling sederhana dari neural network .Komponen lain dari deep learning adalah fungsi aktivasi, salah satu contohnya adalah sigmoid dan relu. Fungsi aktivasi digunakan untuk memetakan non linear problem menjadi linear problem. Deep Learning sering dipakai sekarang karena lebih ekspresif dan d apat mengekstrak fitur-fitur yang lebih robust. Kedua, data yang ada sudah banyak dan kekuatan komputasi yang ada sekarang ini sudah kuat, sehingga lebih cepat daripada metode tradisional.

Company Visit “BLIBLI.COM”

Company visit merupakan kunjungan perusahaan yang dilakukan oleh sekumpulan elemen masyarakat. Company visit sendiri seringnya dilakukan pada perusahaan yang memproduksi suatu barang ataupun jasa yang populer di kalangan masyarakat. Artikel kali ini akan membahas company visit yang dilakukan mahasiswa Informatika ITS pada tanggal 16 Januari 2018 ke salah satu perusahaan IT (startup) dalam bidang jual beli ternama yaitu blibli.com. Kegiatan kunjungan company visit ke blibli.com itu sendiri bertujuan untuk mengetahui ranah pekerjaan, situasi dan kondisi perusahaan serta persaingan perusahaan, dan juga mengetahui perkembangan ilmu pengetahuan dan pengaplikasianya dalam bidang IT dan bisnis. Bertempatkan di Jakarta, mahasiswa informatika dengan peserta sebanyak 34 orang memulai serangkaian kegiatan kunjungan tersebut dari pukul 10 yang dibuka oleh ka Ariani selaku penanggung jawab acara company visit dari blibli.com, lalu dilanjutkan oleh ka Yunike yang menjelaskan tentang:

  1. visi : Visinya adalah memberikan pengalaman belanja kepada para pelanggannya untuk dapat berbelanja online yang aman, nyaman dan membebaskan.
  2. misi: misinya adalah menjunjung semangat kebersamaan, transparan, sesuai dengan norma ke-indonesiaan dan komitmen pada pelayanan.
  3. motto : R untuk Risk Taking
    1. E untuk Excellence
    2. S untuk Serving
    3. P untuk Passionate & Proud
    4. E untuk Employee’s Great Place to Work
    5. C untuk Costumer Focus
    6. T untuk Teamwork (2)

Rangkaian acara selanjutnya dilanjutkan oleh mas saputra sebagai quality assurance yang menjelaskan tentang apa itu software testing dan perbedaan pandangan tentang program menurut developer, programer, desain analis, dan pengguna. Software testing sendiri biasa di uji dengan dua metode yaitu dengan manual testing atau bisa juga dengan bot. Lalu dilanjutkan oleh mas Ibnu sebagai developer front end yang membahas tentang bagaimana dan mengapa front end itu sangat penting dalam membuat web. Pembahasan juga dilanjutkan dengan informasi mengenai Product funnel yang terdiri dari tiga hal yaitu :

1. Product manager

2. Development manager

3. Program manage

Dan beberapa hal yang menjadi tolak ukur keberhasilan dalam bekerja di blibli.com dengan 5 cara dan metode seperti :

  1. Waterfall problem
  2. Agile

2.1  Focus in businnes value

2.2 Embrace changeals

2.3 Very fast and rapid delivery

Acara selesai tepat pada pukul 12.35 dan ditutup dengan foto bersama

KULIAH TAMU : Machine Learning Application : Insight From KDD Conference 2017.

Rabu,  tanggal 21 Februari 2018 diadakan kuliah tamu dengan judul Machine Learning Application : Insight From KDD Conference 2017. Kuliah tamu diselenggarakan dengan pembicara tamu Gregorius Edwadr dan Michael Julio.Gregorius Edwadr sendiri merupakan Alumnus Teknik Informatika angkatan 2010, sedangkan Michael Julio merupakan Alumnus ISTTS.

Konferensi KDD diselenggarakan oleh Special Interest Group on Knowledge Discovery and Data Mining (SIGKDD), yang merupakan bagian dari Association for Computing Machinery (ACM). Konferensi KDD dianggap sebagai forum yang paling berpengaruh untuk menemukan pengetahuan baru dan riset data mining. Konferensi KDD, di tahun 2017 diselenggarakan di Halifax, Canada pada tanggal 13-17 Agustus 2017. Konferensi KDD ini berisikan tutorial, workshop, presentasi oleh keynote speakers dan presentasi paper.

Beberapa presentasi oleh keynote speakers dibagikan oleh para pembicara tamu. Michael Julio membagikan presentasi tentang From Theory to Data Product : Applying Data Science Methods to Effect Business Change, Google Vizier – A Service for Black Box Optimization, TFX : Tensorflow Extended – A Prodiction Scale ML Platform, Designing AI at Scale to Power Everyday Life, dan Industrial Machine Learning. Sedangkan Gregorius Edwadr membagikan presentasi tentang Deep Learning for Personalized Search and Recomender System, dan 2017 Edition of AdKDD and TargetAd.