Sarjana (S1)

Pada program Sarjana (S1), mahasiswa wajib menyelesaikan 144 SKS (Satuan Kredit Semester) yang dapat ditempuh dalam 8 semester (4 tahun). Akan tetapi, mahasiswa dimungkinkan dapat lulus lebih cepat dengan mengikuti mata kuliah melebihi beban standar yang ada sesuai dengan kapasitas masing-masing mahasiswa pada tiap semester.

Pada semester ke-6, mahasiswa dapat mengikuti mata kuliah pilihan sesuai dengan bidang minat yang diinginkan. Mata kuliah pilihan dapat berasal dari satu kelompok bidang minat saja untuk lebih memperdalam pengetahuan mahasiswa dalam bidang tertentu, atau dapat berasal dari kelompok bidang minat yang berbeda untuk memperluas wawasan yang diperoleh.

Kurikulum untuk program pendidikan S1 yang sekarang digunakan di Jurusan Teknik informatika merupakan kurikulum baru yang telah diberlakukan mulai tahun akedemik 2018/2019 hingga tahun akademik 2022/2023. Dalam kurikulum ini, total Satuan Kredit Semester (SKS) normal yang harus ditempuh oleh mahasiswa adalah 144 SKS. Beban perkuliahan sebesar 144 SKS ini dapat diselesaikan selama delapan semester. Total 144 SKS tersebut dikelompokkan menjadi 2 kelompok mata kuliah, yaitu:

Mata Kuliah Wajib : 129 SKS (89%)
Mata Kuliah Bidang Keahlian : 15 SKS (11%)

Program Studi Sarjana Teknik Informatika (PSTI) telah merancang susunan mata kuliah per semester. PSTI menawarkan delapan bidang keahlian, yang terhimpun dalam Rumpun Mata Kuliah (RMK) yaitu Komputasi Cerdas dan Visi (KCV), Komputasi Berbasis Jaringan (KBJ), Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Dasar dan Terapan Komputasi (DTK), Arsitektur dan Jaringan Komputer (AJK), Algoritma dan Pemrograman (AP), Interaksi, Grafika dan Seni (IGS), dan Manajemen Informasi (MI). Mahasiswa diberi kebebasan untuk memilih mata kuliah pilihan yang berasal dari RMK – RMK tersebut. Jumlah mata kuliah pilihan minimal yang diambil adalah 5 mata kuliah dan paling tidak ada 2 mata kuliah pilihan yang diambil menunjang Tugas Akhir. Pemilihan Bidang Keahlian ini mulai dilakukan pada semester 6.

Adapun ciri-ciri utama dari kedelapan bidang keahlian tersebut dapat dijabarkan seperti berikut:

  •  Komputasi Cerdas dan Visualisasi (KCV)

Mata kuliah yang ditawarkan dalam bidang minat ini terutama ditekankan pada kemampuan lulusan dalam memanipulasi dan menganalisis data citra pada berbagai bidang aplikasi (a.l. biomedika, industri), kemampuan menerapkan  metode sistem cerdas pada berbagai bidang aplikasi dan kemampuan memodelkan  dan mengoptimasikan sistem nyata. Mata kuliah bidang keahlian KCV, antara lain: Pengolahan Citra Digital, Analisis Data Multivariat, Data Mining, Komputasi Biomedik, Visi Komputer, Sistem Temu Kembali Informasi, Robotika, Analisis Media Sosial dan Topik Khusus KCV

  •  Komputasi Berbasis Jaringan (KBJ).

Mata kuliah yang ditawarkan dalam bidang keahlian ini ditekankan pada Kemampuan lulusan dalam membangun   infrastruktur jaringan yang aman, kemampuan membangun   sistem grid,  Kemampuan membangun   aplikasi jaringan sesuai Standard dan Kemampuan membangun aplikasi multimedia berbasis jaringan.  Mata kuliah bidang keahlian KBJ, antara lain: Komputasi Bergerak, Sistem Terdistribusi, Jaringan Multimedia, Komputasi Grid dan Paralel, Kompresi Data, Topik Khusus Komputasi berbasis Jaringan, Komputasi Awan, Forensik Digital, Komputasi Pervasif dan Jaringan Sensor

  • Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)

Mata kuliah yang ditawarkan dalam bidang minat ini ditekankan pada Kemampuan lulusan dalam melakukan pengujian perangkat lunak, Kemampuan mengelola   proyek perangkat lunak,  Kemampuan mengurangi resiko kesalahan perangkat lunak, dan  Kemampuan membuat  perangkat lunak game. Mata kuliah bidang keahlian RPL, antara lain: Penjaminan Mutu Perangkat Lunak, Arsitektur Perangkat Lunak, Evolusi Perangkat Lunak, Konstruksi Perangkat Lunak, Penyempurnaan Proses Perangkat Lunak, Ekonomi Rekayasa Perangkat Lunak, Topik Khusus RPL.

  •  Interaksi Grafika dan Seni (IGS)

Mata kuliah yang ditawarkan dalam bidang minat ini terutama ditekankan pada kemampuan lulusan dalam mendesain, mengembangkan dan mendokumentasikan proses pembuatan game sesuai dengan standar. Serta membuat model 3 dimensi dan pemograman di dalam realitas virtual serta aplikasi realitas virtual 3 dimensi dengan menggunakan game engine. Mata kuliah bidang keahlian IGS antara lain: Teknik Pengembangan Game, Sistem Game, Animasi Komputer dan Pemodelan 3D, Realitas Virtual dan Augmentasi dan Topik Khusus IGS.

  • Arsitektur dan Jaringan Komputer (AJK)

Mata kuliah yang ditawarkan dalam bidang keahlian ini ditekankan pada Kemampuan lulusan dalam membangun berbagai macam arsitektur jaringan sesuai standar teknologi terkini dan menerapkan keamanan jaringan. Mata kuliah bidang keahlian AJK, antara lain: Jaringan Nirkabel, Teknologi Antar Jaringan, Perancangan Keamanan Sistem Dan Jaringan, Topik Khusus Arsitektur Dan Jaringan Komputer.

  • Algoritma dan Pemrograman (AP)

Mata kuliah yang ditawarkan dalam bidang minat ini ditekankan pada Kemampuan lulusan dalam mengembangkan sistem/aplikasi yang berbasis kerangka kerja dan mengembangkan sistem/aplikasi pada perangkat bergerak. Mata kuliah bidang keahlian AP, antara lain: Pemrograman Berbasis Kerangka Kerja, Pemorgraman Perangkat Bergerak, Topik Khusus Algroritma dan Pemrograman.

  • Dasar dan Terapan Komputasi (DTK)

Kompetensi penciri khusus dari  DTK adalah kemampuan mengembangkan memodelkan, dan melakukan optimasi sistem. Mata kuliah pilihan yang ditawarkan antara lain: Pemodelan dan Simulasi Pemrograman Linier Topik Khusus Dasar & Terapan Komputasi.

  • Manajemen Informasi (MI)

Mata kuliah yang ditawarkan dalam bidang minat ini ditekankan pada Kemampuan lulusan dalam menganalisis, mensintesa dan mengevaluasi proses bisnis dan sistem informasi pada sistem Enterprise, mengimplementasikan rekayasa pengetahuan ke dalam suatu aplikasi, melakukan investigasi, pengujian, evaluasi kematangan dan kepatutan terhadap prosedur standard dan tata kelola teknologi informasi, melakukan tata kelola proyek dan sumber daya manusia dan merancang dan mengimplementasikan solusi basis data terdistribusi dan teknologi Big Data. Mata kuliah bidang keahlian MI, antara lain: Sistem Enterprise, Rekayasa Pengetahuan, Sistem Informasi Geografis, Audit Sistem, Tata Kelola Teknologi Informasi, Basis Data Terdistribusi, Big Data, Topik Khusus Manajemen Informasi.

Dalam kurikulum 2018-2022 ini, tidak ada pemisahan antara mata kuliah dan praktikum.  Kegiatan perkuliahan dan kegiatan praktikum dilakukan dalam satu mata kuliah dengan bobot 3 – 4 sks. Kegiatan dapat berlangsung di kelas maupun di laboratorium. Kegiatan perkuliahan dilaksanakan untuk membekali mahasiwa dengan pemahaman konsep pengetahuan/teknologi. Kegiatan praktikum digunakan untuk membekali mahasiswa dengan ketrampilan praktis.

Pengalaman praktis lainnya yang wajib diikuti oleh mahasiswa adalah Kerja Praktek di industri selama satu s.d. tiga bulan dengan beban 2 sks.Kegiatan ini untuk memperluas wawasan mahasiswa tentang penerapan teori yang diperoleh dari perkuliahan. Pada tahap akhir, mahasiswa menempuh Tugas Akhir dengan bobot 4 sks. Tugas Akhir  ditujukan untuk memberikan kemampuan bagi mahasiswa untuk menyelesaikan topik permasalahan tertentu sesuai bidang keahlian dan menyusun laporan ilmiah. Tugas akhir ini bersifat komprehensif, ditulis sesuai dengan kaidah ilmiah dan harus dipertanggungjawabkan pada ujian tugas akhir yang bersifat tertutup di hadapan tim penguji

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Sarjana (S1):

  • Sikap:
    • Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
    • Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika
    • Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
    • Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
    • Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
    • Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
    • Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
    • Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
    • Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
    • Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
    • Berusaha secara maksimal untuk mencapai hasil yang sempurna
    • Bekerja sama untuk dapat memanfaatkan semaksimal mungkin potensi yang dimiliki
  • Keterampilan Umum:
    • Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
    • Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
    • Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni
    • Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
    • Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data
    • Mampu memelihara dan mengembang-kan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya
    • Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya
    • Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
    • Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi
    • Mampu mengembangkan diri dan bersaing di tingkat nasional maupun internasional
    • Mampu mengimplementasikan prinsip keberlanjutan (sustainability) dalam mengembangkan pengetahuan
    • Mampu mengimplementasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam konteks pelaksanaan pekerjaannya
  • Pengetahuan:
    • Menguasai konsep dan prinsip-prinsip sistem cerdas meliputi teknik representasi dan penalaran, teknik pencarian, agent, penggalian data, dan pembelajaran mesin, serta pengembangan aplikasi cerdas pada berbagai bidang, serta menguasai konsep dan prinsip-prinsip ilmu komputasi meliputi pengelolaan informasi, pengolahan data multimedia, dan analisis numerik
    • Menguasai konsep dan prinsip arsitektur, sistem dan dasar – dasar jaringan komputer berbasis sistem logika
    • Menguasai konsep teoritis dan prinsip-prinsip tentang komputasi berbasis jaringan dan teknologi terkini yang terkait dengannya, di bidang komputasi terdistribusi dan komputasi bergerak, komputasi multimedia, komputasi berkinerja tinggi serta keamanan informasi dan jaringan
    • Menguasai konsep dan prinsip-prinsip: perancangan dan pembangunan perangkat lunak dengan metode perencanaan, rekayasa kebutuhan, perancangan, pengimplementasian, pengujian, dan peluncuran yang baku dan ilmiah, dan menghasilkan produk perangkat lunak yang memenuhi berbagai parameter kualitas secara teknis maupun manajerial, dan berdaya guna serta menguasai konsep dan prinsip-prinsip: pembuatan program sederhana dalam bahasa pemrograman umum maupun bahasa pemrograman berorientasi objek, pembuatan aplikasi web dan aplikasi desktop, pembuatan basisdata sederhana untuk menyelesaikan permasalahan dalam konteks pengembangan perangkat lunak secara umum
    • Menguasai konsep dan prinsip-prinsip grafika komputer meliputi pemodelan, rendering, animasi dan visualisasi, serta menguasai konsep dan prinsip-prinsip interaksi manusia dan komputer
    • Menguasai prinsip dan teknik penyelesaian permasalahan dengan menggunakan: kalkulus, matriks, statistika, aproksimasi, optimasi liner, pemodelan dan simulasi
    • Menguasai konsep dan prinsip-prinsip penangkapan, pengolahan dan penyimpanan informasi dalam berbagai bentuk format
  • Keterampilan Khusus:
    • Mampu merancang dan membangun aplikasi dengan menerapkan prinsip-prinsip sistem cerdas dan ilmu komputasi untuk menghasilkan produk aplikasi cerdas pada berbagai bidang
    • Mampu menerapkan arsitektur komputer, prinsip-prinsip kerja sistem operasi untuk merancang, mengimplementasikan dan mengelola sistem jaringan yang mempunyai kinerja tinggi, aman, dan efisien
    • Mampu menerapkan konsep komputasi berbasis jaringan, komputasi paralel, komputasi terdistribusi untuk menganalisa dan merancang algoritma penyelesaian masalah komputasi di dalam berbagai bidang
    • Mampu menganalisa, merancang dan membangun perangkat lunak dengan menggunakan prinsip-prinsip proses rekayasa perangkat lunak untuk menghasilkan perangkat lunak yang memenuhi kualitas baik secara teknis dan manajerial
    • Mampu membangun aplikasi menggunakan prinsip-prinsip grafika komputer meliputi pemodelan, rendering, animasi dan visualisasi, serta menerapkan prinsip-prinsip interaksi manusia dan komputer serta melakukan evaluasi ketepatgunaan untuk membangun aplikasi dengan antarmuka yang sesuai
    • Mampu menyelesaikan persoalan komputasi dan pemodelan matematis melalui pendekatan eksak, stokastik, probabilistik dan numerik secara efektif dan efisien
    • Mampu mengumpulkan, mendigitalisasi, dan memproses data menjadi informasi baru yang bermanfaat dengan menggunakan pemodelan dan penyimpanan data yang efektif dan efisien
    • Mampu merancang dan menganalisa algoritma untuk menyelesaikan permasalahan secara efektif dan efisien berdasarkan kaidah-kaidah pemrograman yang kuat, serta mampu mengaplikasikan model-model pemrograman yang mendasari berbagai bahasa pemgrogram yang ada, serta mampu memilih bahasa pemrograman untuk menghasilkan aplikasi yang sesuai